Peraturan Sepak Bola

Diposting pada

Yalla Shoot – Dalam segala permainan dibutuhkan suatu ketentuan untuk menjadikan permainan selanjutnya baik dan adil. Sepak bola terhitung butuh suatu peraturan. Tau kah kawan akrab peraturan-peraturan didalam bermain sepak bola? Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa lagi akan membicarakan perihal materi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) perihal Peraturan Sepak Bola. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Ada beberapa ketentuan yang wajib di perhatikan saat menginginkan bermain sepak bola, diantaranya adalah sebagai berikut:

A. Lapangan Permainan

1. Bentuk Lapangan
Bentuk lapangan sepak bola ialah persegi panjang.
Panjang : 90–120 m
Lebar : 45–90 m
Untuk lapangan yang digunakan pertandingan Internasional:
Panjang : 100–110 m
Lebar : 64–75 m

2. Daerah Sudut
Daerah ini terkandung di setiap sudut lapangan, ditandai bersama dengan tiang bendera setinggi 1,5 m. Tempat ini merupakan tempat tendangan sudut dilakukan.

3.. Area penalti
Pada ujung ke-2 garis gawang lapangan terkandung dua garis sejajar bersama dengan panjang 16,5 m berasal dari tiang gawang. Garis-garis selanjutnya disatukan oleh sebuah garis lain yang panjangnya 40,3 m sejajar bersama dengan garis gawang. Di tempat selanjutnya sebuah titik bersama dengan jarak 11 mtr. berasal dari garis gawang. Titik selanjutnya dikenal bersama dengan titik penalti.

4.. Lingkar tengah
Lingkaran yang terkandung tepat di tengah lapangan merupakan tempat dilakukannya kick off atau tendangan di awal pertandingan, memulai babak kedua, dan memulai pertandingan sehabis terjadi gol. Lingkaran ini punya jari-jari 9,15 m.

5. Gawang
Gawang terletak di tengah garis gawang bersama dengan tinggi dua tiang yang berdiri tegak yakni 2,44 m dan dihubungkan bersama dengan tiang horizontal yang panjangnya 7,32 m. Lebar tiang gawang tidak boleh lebih berasal dari 15 cm. Gawang disempurnakan jaring untuk menjaring bola yang masuk gawang dan meyakinkan pemain dan pirsawan bahwa bola sangat masuk.

B. Bola

Bola sepak bersifat bulat, terbuat berasal dari kulit atau style lain yang sesuai. Keliling bola tidak lebih berasal dari 71 cm dan tidak kurang berasal dari 68 cm. Berat tidak lebih berasal dari 450 gram dan tidak kurang berasal dari 410 gram pada saat pertandingan dimulai. Tekanan bola antara 0,6–1,1 atmosfer (600–1100g/cm2).

C. Jumlah pemain

Peraturan perihal kuantitas dan pergantian pemain didalam permainan sepak bola bisa dirinci sebagai berikut.
1. Pertandingan dimainkan 2 tim, tiap-tiap tim terdiri atas 11 pemain terhitung 1 orang penjaga gawang.
2. Jumlah pemain cadangan berasal dari tiap-tiap tim maksimal 7 orang.
3. Pergantian pemain maksimal 3 orang didalam satu pertandingan resmi. Namun, didalam pertandingan persahabatan pergantian pemain bisa ditunaikan sampai 5 pemain atau lebih cocok kesepakatan.
4. Daftar nama pemain pengganti wajib diserahkan sebelum akan kick off babak pertama dimulai, agar bisa ikut didalam pertandingan.
5. Pemain bisa bertukar posisi bersama dengan penjaga gawang atas persetujuan wasit saat terjadi bola mati

D. Perlengkapan permainan

Perlengkapan permainan sepak bola di antaranya sebagai berikut.
1. Perlengkapan yang wajib dikenakan pemain yaitu, kaus, celana pendek, pelindung tulang kering, kaus kaki, dan sepatu sepak bola.
2. Pemain tidak boleh manfaatkan perlengkapan yang akan membahayakan pemain lain atau dirinya sendiri.
3. Untuk penjaga gawang diperbolehkan manfaatkan pakaian yang berwarna lain untuk membedakan bersama dengan pemain dan wasit.

E. Durasi pertandingan

Durasi pertandingan sepak bola yakni 2 × 45 menit diselingi saat istirahat 15 menit. Waktu akan terhenti/dihentikan wasit misalnya terjadi pergantian pemain. Misalnya, pemain cedera agar wajib ditandu muncul lapangan dan masalah lainnya yang memicu saat terhenti.

F. Gol

Peraturan perihal gol dan skor pada permainan sepak bola sebagai berikut.
1. Gol dinyatakan sah misalnya semua bagian bola sudah lewat atau melebihi garis gawang, berada di antara tiang gawang, dan di bawah mistar gawang. Hal selanjutnya tidak berlaku pada lemparan ke dalam, memegang, atau mendorong bola bersama dengan tangan atau lengan yang ditunaikan secara sengaja oleh seorang pemain, kalau penjaga gawang di tempat gawangya sendiri.
2. Tim yang mencetak gol terbanyak didalam pertandingan dinyatakan menang, misalnya skor golnya mirip maka dinyatakan imbang (draw).
3. Yang menyatakan sah atau tidaknya suatu gol ialah wasit.

G. Offside

Posisi offside terjadi misalnya posisi pemain lebih dekat pada garis gawang lawan dibandingkan bersama dengan bola pada saat bola dioper ke arah pemain tersebut, kalau terkandung pemain lawan yang sejajar atau mengapitnya.

Terima kasih sudah rela membaca artikel Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehanatan (PJOK) perihal Peraturan Sepok Bola, semoga bisa bermanfaat bagi kawan akrab sekalian. Tikak dulu lupa untuk menghimbau misalnya ada diantara kawan akrab yang menemukan kesalahan baik berasal dari segi penulisan maupun pembahasan berasal dari penjelasan di atas, mohon kiranya kritik dan panduan yang membangun untuk kemajuan bersama. ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *